Saturday, December 15, 2018

Bidikmisi Sebagai Jembatan Untuk Meraih Cita-Cita

1
Bidikmisi Sebagai Jembatan Untuk Meraih Cita-Cita
Nama Lengkap saya Mei Ryan Sandi, Lahir di Gunung Monako, 01 Mei 1996 merupakan Putra Pertama dari pasangan Bapak Muhammad Syukur dan ibu Almh. Mariati. Berasal dari Desa Gunung Monako, salah satu desa yang berada di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Terletak di daerah perkebunan kelapa sawit milik BUMN yang jauh dari pusat kota ini membuat semangat dan impian untuk mengembangkan diri harus lebih kuat lagi. Merasakan Indahnya masa-masa kuliah merupakan anugerah dari Allah SWT yang sangat luar biasa, yang tidak pernah di rasakan oleh kedua orang tua saya waktu mereka masih muda. Bapak saya yang hanya tamat SMP dan Almh Ibu saya yang juga tamat SMP, membuat saya terus berjuang untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi untuk merubah keadaan dan mengangkat derajat kedua orang tua saya. Sejak dari SD hingga SMK, banyak prestasi yang sudah saya raih demi membahagiakan dan mengangkat derajat kedua orang tua saya. Prestasi Akademik juara 1 umum selalu saya dapatkan mulai dari SD hingga SMK.
Pada saat duduk di SMK, saya pernah meraih Juara 3 Lomba LKS SMK Bidang Agronomy tingkat Provinsi Sumatera Utara. Saya juga pernah di kirim oleh Kepala Sekolah SMK saya mewakili Kota Tebing Tinggi untuk mengikuti kegiatan Pekan Ilmiah Remaja Nasional (PIRNAS) ke XII tahun 2012 yang selenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Boyolali, Jawa Tengah. Saya juga sering mengikuti perlombaan Karya Tulis Ilmiah dan Lomba Debat SMA/SMK tingkat Kabupaten/Kota hingga Tingkat Nasional. 
Pada tahun 2014, saya memulai langkah awal saya untuk kuliah dengan bantuan pendidikan Bidikmisi di Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan. Pada saat semester 1, saya berkomitmen dengan diri saya sendiri untuk tidak menjadi mahasiswa yang biasa-biasa saja. Pada saat kuliah saya sangat aktif di beberapa organisasi mahasiswa di kampus, diantaranya adalah Himpunan Mahasiswa Agroteknologi, PADINESE UNPAB, Student Advisories Centre, BEM Fakultas Pertanian, dan Persatuan Mahasiswa Bidikmisi UNPAB (PERMADIKSI UNPAB) sebagai Ketua Umum Pertama Periode 2016/2017. Pada tahun 2017 saya di percaya untuk menjadi Badan Pengurus Pusat Persatuan Mahasiswa dan Alumni Bidikmisi Nasional (PERMADANI DIKSI NASIONAL) sebagai Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Organisasi periode 2017-2019, kemudian pada tahun 2018 saya di percaya dan di angkat langsung oleh Ketua ARTIPENA SUMUT ( Bapak. Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE.,MM ) sebagai Ketua Gerakan Mahasiswa Aliansi Relawan Perguruan Tinggi Anti Penyalahgunaan Narkoba (GEMA ARTIPENA) tingkat Sumatera Utara untuk membantu pemerintah membersihkan Indonesia dari Narkoba.  Saya memiliki motivasi dan semangat yang kuat untuk bisa mencapai keberhasilan dan kesuksesan selama kuliah demi mengangkat derajat ke dua orang tua saya. Walaupun saya aktif di berbagai organisasi, namun saya juga tidak lupa dengan akademik saya. Pada tahun 2016, Alhamdulillah saya terpilih dari kampus saya untuk mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (PERMATA) 2016 dari Kemenristek Dikti selama 1 Semester di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Kesempatan yang sangat luar biasa bagi saya , karena bisa merasakan kuliah dan belajar di Kota Pendidikan ( Kota Yogyakarta ) selama 1 Semester.  Selain itu pada tahun 2017, saya mendapatkan Penghargaan dari Bapak Prof. Mohammad Nasir.,P.hD (Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI) sebagai Mahasiswa Bidikmisi terbaik dari PTS Se-Sumatera Utara yang memiliki Prestasi Akademik dengan nilai IPK 3.99 pada semester 6. Dan Alhamdulillah, saat wisuda pada bulan Desember 2018 yang akan datang saya kembali terpilih menjadi Wisudawan terbaik yang lulus dengan Predikat “ Pujian” nilai IPK 3,94. Saya sangat bahagia kerena bisa membuat orang tua saya tersenyum lebar ketika anaknya bisa lulus kuliah dengan segudang pengalaman dan prestasi. Terkhusus buat Almh. Ibu saya, semoga beliau juga bisa merasakan kebahagiaan di dalam Syurga Nya.
Dengan hasil jeripayah dan usaha saya selama kuliah, Alhamdulillah sebelum saya lulus dan menyelesaikan Yudisium saya langsung mendapat tawaran dari kampus saya untuk bekerja dan menjadi pegawai di Universitas Pembangunan Panca Budi  yang nantinya akan di jadikan sebagai Dosen di kampus saya. Saat ini saya sudah bekerja di Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pembangunan Panca Budi. Saya bekerja membantu mengurus administrasi kemahasiswaan seperti Beasiswa PPA, Beasiswa Bidikmisi, dan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan lainnya. Pada tahun 2019 saya mempunyai harapan besar  agar saya bisa melanjutkan ke jenjang Pendidikan S2 melalui Jalur Beasiswa LPDP , saya ingin melanjutkan kuliah ke Kyoto University, Jepang. Saya berharap dengan semua prestasi yang telah saya capai saat ini bisa membantu langkah saya untuk bisa kuliah dengan beasiswa LPDP ke Luar Negeri. Saya ingin mengabdikan diri saya menjadi Dosen di Kampus saya sendiri. Dengan pengalaman belajar dan ilmu yang saya dapatkan nantinya dari Luar Negeri, saya ingin mengaplikasikan ilmu saya untuk membangkitkan dan mengembangkan SDM-SDM mahasiswa yang ada di kampus saya untuk menjadi insan-insan yang berkualitas demi terwujudnya generasi emas Indonesia 2045.
Saya sangat bersyukur dengan program bantuan pendidikan bidikmisi yang saya terima saat ini dari pemerintah, dengan bantuan pendidikan bidikmisi ini, akhirnya saya bisa membantu bapak saya untuk membiayai kuliah saya sekaligus biaya hidup saya selama 4 tahun . Bidikmisi telah terbukti membantu saya untuk meraih prestasi dan cita-cita. Selain itu Bidikmisi juga sudah berperan besar kepada generasi-generasi mutiara yang selama ini terpendam untuk menjadi Generasi Emas Indonesia. 
Motto Hidup Saya
“ Raihlah Kebahagiaan dan kesuksesan di dunia dan di akhirat, ulet dan bekerja keras serta berahlakul Karimah yang berlandaskan dengan Illahi Anta Maksudi Waridhakamatlubi”. 

Author Image

About bidikin
Inspiratif, Berkarya, Bermakna, Peduli

1 comment:

  1. Mikirin apa yang akan terjadi di tahun 2019? mendingan bikin resolusi keuangan 2019 deh hehehe..
    resolusi keuangan 2019

    ReplyDelete