Saturday, December 15, 2018

Kepingan Hidup Terbaik

0
KEPINGAN HIDUP TERBAIK
Saya seorang lulusan SMK dituntut untuk langsung bekarja. Namun, terkendala usia yang baru 17 tahun dengan persyaratan minimal 18 tahun. Saya terkendala kuliah dengan kondisi keuangan keluarga saya saat itu. Kabar beasiswa Bidik Misi pada tahun 2010 memberikan peluang emas bagi saya dengan segala fasilitas yang tertera. Seluruh persyaratan administrasi beasiswa saya lengkapi sendiri, benar – benar mandiri, mengurus ke sekolah, kelurahan, kecamatan dengan beberapa tabungan yang pernah saya kumpulkan. Syarat berlakunya beasiswa tersebut adalah kelulusan di universitas yang dituju. Masa – masa ini benar -benar menjadi masa istikharah terberat saya. Syukurnya, liburan dengan aktivitas tahfidz membuat saya lebih tawakkal atas ketetapan Allah SWT. Hingga akhirnya, saya lulus dengan pilihan pertama di salah satu PTN di Sumatera Utara. Pembayaran yang mengharuskan menguras keringat orang tua di awal pendaftaran, dikembalikan seluruhnya. Alhamdulillah dapat status Awardee Bidik Misi.
Mahasiswa penerima bidik misi harus memiliki karakter yang lebih baik dari mahasiswa yang biasa. IPK selama kuliah, tidak pernah dibawah 3.70. Saya juga dibutuhkan sebagai pengisi posisi strategis di beberapa organisasi kampus. Selain organisasi, beberapa prestasi yang saya dapatkan adalah penerima hibah PKM-M tahun 2011, perwakilan MTQMN ke Padang bidang Karya Tulis Al Qur’an tahun 2013, stand terbaik ketiga bersama teman – teman organisasi tahun 2014, perwakilan musyawarah ke Universitas Brawijaya tahun 2014 Malang, Mawapres tingkat Jurusan, Fakultas hingga Universitas tahun 2014. Hingga menjadi lulusan terbaik dari fakultas saya dengan IPK kelulusan 3.83. Alhamdulillah dengan segala kemampuan dan kebaikan yang Allah anugrahkan kepada saya. Hingga, orang tua saya sujud syukur saat beliau mendapatkan undangan wisuda dengan orang tua yang diistimewakan..
Sebelum resmi diwisuda, saya sudah diminta untuk mengajar di sekolah negeri dan swasta pada bidang IT. Saya menyanggupinya dengan hadiah setiap bulannya mencapai nominal 4 jt. Keinginan belajar saya belum selesai, saya ingin mendalami bidang saya pada jenjang pascasarjana, Alhamdulillah beasiswa bidik misi mempertemukan saya dengan beasiswa LPDP. Berikhtiar melengkapi persyaratan yang dibutuhkan secara mandiri, benar – benar mandiri. Hingga saya lulus menjadi Awardee LPDP di salah satu PTN di Jawa Barat. Saat ini, saya masih berjuang menyelesaikan tesis saya di bidang keamanan informasi. 
Kesuksesan saya hingga hari ini adalah, IPK yang tetap stabil saat pasca sarjana ini, dengan status mahasiswa, istri dan ibu seorang balita serta tetap bermanfaat untuk masyarakat meskipun melalui tarian – tarian jari. 

Author Image

About bidikin
Inspiratif, Berkarya, Bermakna, Peduli

No comments:

Post a Comment