Saturday, March 21, 2020

Selama kalian mempunyai harapan, maka selama itu kalian akan terus berjuang.

0
Salam Prestasi
Membidik prestasi membangun negeri
            Setiap orang pasti mengingkan pendidikan, namun karena keterbatasan ekonomi masih banyak orang diluar sana masih belum bisa melanjutkan pendidikan bahkan ada yang putus sekolah.
            Perkenalkan nama saya Muhammad Yusril Zaenal, kalian bisa memanggil saya yusril, saya adalah anak ke tiga dari 4 bersaudara, saya terlahir dari keluarga berkecukupan, ayah saya bekerja sebagai seorang petani, dan ibu saya hanyalah seorang ibu rumah tangga. Saat ini saya adalah masiswa di politeknik negeri ujung pandang semester 6, saya mengambil jurusan teknik elektro program studi D4 Teknik Komputer dan Jaringan.
Sewaktu SMK saya aktif ber-organisasi diantaranya menjadi ketua osis, dan aktif di Pramuka. Sewaktu ber pramuka saya mendapatkan berbagai prestasi diantaranya Juara Umum 1 Festival Tunas Kelapa Competition (FTC) yang diadakan oleh STAIN PAREPARE selain itu saya pernah mewakili Sulawesi Selatan sebagai salah satu peserta dalam kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional 2015 di Lombok Nusa Tenggara Barat. Dari situlah saya mengumpulkan sertifikat yang saya miliki.
            Kuliah adalah dambaan bagi banyak orang, terutama bagi yang lulus dari SMA/SMK pasti berlomba-lomba mencari perguruan tinggi favorit, tepat tiga tahun lalu setelah lulus dari SMK, saya meutuskan untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi yang ada di makassar pertama saya daftar melalui jalur SNMPTN, pada saat pendaftaran saya dinyatakan tidak lolos, saat itulah saya berpikir bagaimana cara saya untuk kuliah, karena waktu itu saya sempat tidak mau melanjutkan kuliah, tapi dalam harapanku dan dalam benakku ada orang tua yang harus saya bahagiakan, orang tua saya yang selalu banting tulang kerja keras demi masa depan saya.
            Sewaktu saya disekolah saya dikabari oleh guru saya, katanya ada pendaftaran kuliah di Politeknik Negeri Ujung Pandang, dan lewat jalur bidikmisi, saat itu saya mencari informasi tentang itu kemudian setelah mendapatkan informasi ternyata pendaftaran tutup tiga hari lagi, dan saat itu saya belum menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan, dalam waktu 3 hari tersebut dan Alhamdulillah dihari terakhir berkas saya lengkap kemudian saya membawa langsung ke Makassar hanya bermodal “Nekat” saya tidak punya kenalan di Makassar tetapi dengan modal nekat itulah saya berani untuk ke Makassat seorang diri mengumpulkan berkas di PNUP dan pada saat saya sampai loket pendaftaran hampir tutup, terlambat beberapa menit saja saya hampir tidak bisa lagi memasukkan berkas saya.
            Dan tiba saat nya pengumuman, saya mengecek nama saya dan Alhamdulillah nama saya ada, saat itu saya langsung sujud syukur, harapan saya untuk kuliah terkabulkan. Saat itu juga saya memberitahukan ke orang tua saya dan mereka menangis haru memeluk saya dan berkata “ Nak kejar cita-citamu suatu saat nanti kamu akan jadi orang yang sukses”.

Ada beberapa prinsip hidup saya yang mungkin bermanfaat bagi kalian:
1.      Jangan pernah sakiti hati orang tuamu
2.      Jaga shalatmu
3.      Disiplin
4.      Selalu optimis kalian bisa
5.      Jujur dalam perkataan dan perbuatan
6.      Bersedekah
7.      Saling tolong menolong

Alhamdulillah berkat Bidikmisi saya bisa kuliah dengan gratis, tanpa harus membebani orang tua, tugas saya hanyalah belajar, belajar dan teruslah belajar jangan pernah puas dengan ilmu yang kalian dapatkan saat ini. Selama kalian masih mempunyai harapan maka selama itu kalian akan terus berjuang, jangan pernah putus asa dengan kondisi kalian saat ini, dibalik kesulitan itu pasti ada kemudahan, sisa kalian yang berusaha untuk mencapai ke tujuan kalian.
Support dari keluarga dan sahabat menjadi motivasi terbesar untuk mencapai semua yang Saya cita-citakan. Prestasi yang saya dapatkan selama ini, saya rasa masih belum cukup untuk membuktikan bahwa saya layak mendapatkan beasiswa bidikmisi tapi semuanya itu memotivasi saya untuk terus berprestasi baik dalam dunia akademik maupun organisasi.
Untuk teman-teman yang akan lulus dari SMA/SMK jika kalian bersungguh-sungguh pasti kalian bisa, jangan pernah menyerah, jangan mengeluh tetapi perbanyak bersyukur.
Harapan saya suatu saat nanti anak seorang petani penerima bidikmisi bisa menjadi seorang yang sukses di masa yang akan datang. Tetap semangat jangan pernah berputus asa
Resolusi saya setelah lulus, saya bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi, terima kasih untuk Bidikmisi dan Kampus saya tercinta Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Author Image

About bidikin
Inspiratif, Berkarya, Bermakna, Peduli

No comments:

Post a Comment