Sunday, November 25, 2018

TERUSLAH BERJUANG ! Mumuh Muhammad S2 Istanbul University, Turkey

0
TERUSLAH BERJUANG !

Program beasiswa bidik misi adalah salah satu jalan dalam mewujudkan mimpi saya untuk dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi disebabkan kondisi perekonomian keluarga yang kurang mampu. Jalur seleksi pertama yang saya ikuti adalah jalur SNMPTN. Pencapaian prestasi akademik dan non-akademik yang cukup baik selama di SMK memberikan saya harapan dan keyakinan untuk lolos jalur seleksi ini. Namun, harapan dan keyakinan itu berubah menjadi perasaan sedih, stres, kecewa dan down ketika mengetahui bahwa saya tidak lolos seleksi jalur ini.
Orang-orang yang berada di sekitar saya seperti orang tua, saudara, guru dan sahabat terus memberikan dorongan dan menguatkan untuk selalu berjuang dan yakin bahwa Allah SWT akan memberikan hasil yang terbaik bagi hamba-Nya. Selanjutnya, saya mendaftar untuk mengikuti jalur tes tulis masuk Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melalui SBMPTN Bidik Misi. Untuk memaksimalkan dalam berikhtiar, saya juga ikut mendaftar seleksi masuk STAN tahun 2013. Dengan perasaan tak percaya dan seakan-akan seperti dalam mimpi, alhamdulillah saya dinyatakan lolos di kedua intstansi tersebut. Setelah berdo’a dan salat istikharah terpilihlah kampus UPI untuk saya menuntut ilmu selama beberapa tahun ke depan dengan program studi S1 Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam.
Saya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang telah Allah berikan melalui beasiswa ini. Selama menjadi mahasiswa saya tinggal di masjid al-Hidayah yang lokasinya berada di perumahan dekat kampus. Di masjid tersebut saya mencoba untuk menghidupkan kegiatan masjid dengan menjadi pegajar ngaji anak-anak, ibu-ibu, muadzin, imam serta menjadi activator kewirausahaan bagi ibu-ibu. Beberapa prestasi yang telah saya raih selama kuliah adalah menjadi mahasiswa berprestasi UPI 2015, juara karya tulis ilmiah tingkat nasional, juara olimpiade ekonomi Islam tingkat Jawa Barat, juara lomba nasyid tingkat Jawa Barat, lolos pendanaan PKM dan PMW, dan menjadi presenter da penulis dalam beberapa international conference. Setelah empat tahun saya menimba ilmu di UPI, akhirnya Desember 2017 alhamdulillah saya dinyatakan lulus dari UPI dengan IPK 3.94 (Cumlaude) sekaligus sebagai lulusan terbaik tingkat universitas.
Inilah babak baru untuk berjuang lebih keras lagi setelah menyandang gelar sarjana. Pada fase ini setiap mahasiswa akan menghadapi realita kehidupan. Begitupun dengan saya, bagaimana supaya tidak menjadi pengangguran setelah menjadi sarjana. Aktivitas yang dilakukan setelah lulus dari universitas adalah pergi ke kampung inggris di Pare untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris sebagai bekal untuk mendaftar beasiswa S2 ke luar negeri. Selain itu, saya pun berikhtiar untuk melamar pekerjaan di beberapa perusahaan di Jakarta.
Keinginan terbesar saya setelah lulus S1 adalah melanjutkan studi master ke luar negeri. Beasiswa yang menjadi target saya adalah LPDP, Turkiye Burslari Scholarship dari pemerintah Turki dan beasiswa dari pemerintah Qatar. Beasiswa yang pertama kali saya apply adalah beasiswa dari pemerintah Turki. Akhirnya setelah melewati proses seleksi administrasi dan wawancara dengan pihak dari Tukri, alhamdulillah pada bulan Juli 2018 saya dinyatakan lolos menjadi penerima beasiswa S2 dari Pemerintah Turki dengan Program Studi Islamic Economics and Finance di Istanbul University dan sejak September 2018 saya mulai menimba ilmu di negeri ottoman tersebut. 

Mumuh Muhammad-1306022-Universitas Pendidikan Indonesia
 S2 Istanbul University, Turkey.
CP: 0813 2284 9146. E-mail: mumuh.muhammad043@gmail.com 

Author Image

About bidikin
Inspiratif, Berkarya, Bermakna, Peduli

No comments:

Post a Comment