Sunday, November 25, 2018

Reni Triana Terobsesi dengan IPK 4.00

0
Kemiskinan bukanlah alasan untuk berdiam diri di kampung halaman, banyak jalan untuk menjadi BISA. Asal giat menjadi teman, usaha menjadi kawan, dan doa menjadi pengiring jalan (Reni,2018). Menjadi Mahasiswa adalah mimpi saya. September 2013 Allah hadiahi diri ini dengan kejutan yang menjadikan mimpi-mimpi itu tak hanya sekedar coretan diatas selembar kertas, tapi menjadi awal dari sebuah perjalanan baru. Semester awal menjadi mahasiswa saya terobsesi dengan IPK 4.00 dan saat itu hanya fokus dengan obsesi itu tanpa berbuat lebih, namun saya sadar bahwa mahasiswa juga harus bermanfaat untuk masyarakat luas.
Singkat cerita, awal 2014 saya mengikuti organisasi mahasiswa kedaerahan. Dari sini awal mula perubahan. Saya aktif diberbagai kegiatan sosial seperti pengabdian masyarakat. Pernah menjadi Volunteer untuk mengajar Iqro’ dan Al-Qur’an serta baca tulis di sebuah perkampungan terpencil di pinggir Kabupaten Langkat, sebut saja namanya Kampung Mualaf. Mengabdi disebuah desa untuk membantu perekonomian warga dengan program KKN-PPM. Dan tak hanya itu untuk membantu biaya perjalanan dari rumah ke kampus saya juga berjualan Molen Arab keliling kampus dengan teman-teman seperjuangan.
Awal 2016 saya di amanahkan menjadi Sekretaris umum PERMADIKSI UNPAB yang juga baru terbentuk saat itu, lalu di penghujung tahun 2016 saya mencoba mengikuti Lomba Debat Mahasiswa Nasional “Youth Economics Summit 2016” di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Alhamdulillah tim kami menduduki peringkat 5 Nasional. Tak cukup sampai disitu di awal tahun 2017 saya mencoba kembali menjadi finalis Kompetisi Nasional Debat Mahasiswa (KONBAWA) 2017 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, lalu Mei 2017 saya terpilih menjadi Wisudawati Terbaik Prodi manajemen UNPAB.
Setelah saya lulus Mei 2017, Alhamdulillah saya langsung terlibat dalam penelitian dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan Penelitian RKCI (Rating Kota Cerdas Indonesia) sejak Mei-Agustus 2017. Lalu terhitung 13 Agustus 2017 saya mendapat pekerjaan sebagai Guru di salah satu SD Swasta di Kota kelahiran saya hingga sekarang. Dan Alhamdulillah setelah kembali ke daerah saya terus aktif berkontribusi dalam beberapa organisasi islam kedaerahan seperti FORMULA, MY CLUB Langkat & sampai sekarang terus aktif dalam mengisi mentoring untuk adik-adik rohis tingkat SMA di Kab. Langkat.
Sampai saat ini titik kesuksesan bagi saya itu saat saya bisa menjadi manusia yang bermanfaat untuk manusia lainnya. Alhamdulillah menjadi seorang pendidik merupakan mimpi saya sejak kecil, dan akan terus saya kembangkan potensi yang ada untuk berkontribusi pada negeri ini. InsyaAllah saya memiliki mimpi untuk bisa Lanjut S2, Semoga terealisasi segera. Dan Alhamdulillah saat ini saya sedang mengikuti proses Seleksi CPNS. Semoga Allah Ridho saya mengabdi untuk negeri ini.

Identitas Penulis :
(Reni Triana_1315310168_Universitas Pembangunan Pancabudi Medan_085261520702_Stabat, Sumatera Utara_Guru)

Author Image

About bidikin
Inspiratif, Berkarya, Bermakna, Peduli

No comments:

Post a Comment