Thursday, January 18, 2018

10 Tahun Bersama SBY Sekejap pun Tidak Pernah Ketemu

0
          Sahabat blogger yang saya sayangi kali ini saya akan membuat artikel tentang kebersamaan Emank dengan Presiden SBY di Indonesia. Artikel kali ini saya kasih judul "10 Tahun Bersama SBY Sekejap pun Tidak Pernah Ketemu" Semoga dengan artikel saya ini menjadi sebuah inspirasi buat kita semua. Ceritanya kocak dan biasa-biasa saja, tapi banyak mengadung makna buat saya. Selamat membaca semoga senang dengan ceritanya.

          Makassar - Pada tanggal 19 Juli 2004 Emank lulus masuk di SMP Negeri 1 Tonra Kab. Bone untuk melanjutkan pendidikan ketingkat Menengah Pertama kebetulan Emank lulusan dari SDN 248 Gareccing Kec. Tonra Kab. Bone. Pada saat itu masih Akhir Masa kePresidenan Ibu Megawati Soekarno Putri.

          Pada tanggal 20 Oktober 2004 pelantikan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Muhammad Jusuf Kalla sebagai Presiden RI dan Wakil Presiden RI yang memenangkan putaran ke 2 Pilpres 2004.

          Selama Negara kita Republik Indonesia ada, baru pada priode 2004-2009 Presiden dan wakil Presiden lansung dipilih oleh rakyat, jadi Presiden dan wakil Presiden Pertama Republik Indonesia (RI) Pilihan Rakyat adalah Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Muhammad Jusuf Kalla.


          Dimasa jabatan beliau meluncurkan banyak program pendidikan 1. Peningkatan akses dan pemerataan pelayanan pendidikan. 2. Peningkatan mutu, dan peningkatan manajemen pelayanan pendidikan. 3. Penngkatan BOS(Bantuan Operasional Sekolah) yang di arahkan untuk penuntasan programWajib Belajar Penddikan Dasar Sembilan Tahun, meningkatkan lama rata-rata sekolah, angka partisipasi kasar (APK), dan angka partisipasi sekolah (APS) pada semua kelompok umur anak-anak usia sekolah.

          Dari beberapa program yang di luncurkan begitu banyak anak-anak kurang mampu merasakan bangku sekolah dengan adanya wajib pendidikan 9 tahun di gratiskan dari berbagai biaya.

          Emank termasuk anak-anak kurang mampu yang merasakan program tersebut di pendidikan Sekolah Menengah Pertama(SMP). Dari program Bapak SBY dan Bapak JK membuat Emank dapat menikmati bangku sekolah tanpa di biaya oleh Orang tua Emank karena sejak SD dan SMP saya sudah pisah dengan orang tua Emank.

          Dibangku SMP Emank selesai pada tahun 2007. Selama 3 tahun Emank merasakan pendidikan dengan berbagai aktivitas akademi maupun extrakurikuler yang membuat Emank lebih mandiri, apalagi pada saat itu Emank memasuki organisasi Pramuka dan PMR yang membuat Emank semakin merasakan hidup yang sebenarnya dimana adanya pembelajaran menahan keinginan dan belajar hidup susah.

          Setelah selesai SMP Emank berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan ketingkat yang lebih atas lagi yaitu Sekolah Menengah Atas(SMA), tapi ditempat di mana saat itu Emank berada tidak ada pendidikan gratis karena program Bapak SBY dan Bapak JK cuma sampai pendidikan 9 di gratiskan yang membuat Emank patah semangat pada saat itu, tapi karena dorongan dari diri Emank yang ingin sekali melanjutkan pendidikan, maka dari itu Emank mencari Bapak Emank untuk menyekolahkan Emank.

          Pada tahun 2007 Emank ketemu dengan Bapaknya dan ingin melanjutkan pendidikan ketingkat SMA. Saat itu Bapak Emank mengarahkan Emank tinggal bersama Kakaknya untuk sekolah karena Emank tidak bisa tinggal bersama Bapak Emank dengan sesuatu hal.

          Tahun 2007 Emank mendaftar di salah satu sekolah kejuruan yang ada di Kab. Sinjai dan mengambil program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Bupati Sinjai pada saat itu Andi Rudianto Asapa meluncurkan Wajib pendidikan Gratis. Bapak Andi Rudianto Asapa adalah salah satu Pelopor Pendidikan Gratis di Indonesia.

          SMK Negeri 1 Sinjai adalah sekolah dimana Emank belajar merasakan yang nama sekolah tingkat atas dengan berbagai program Akademik yang luar biasa mengasa otak dan berbagai kegiatan Extrakurikuler, termasuk pada saat itu Emank menjadi Ketua Osis SMK Negeri 1 Sinjai dan menjadi Ketua Ambalan Putra Pramuka SMK serta masih banyak organisasinya digeluguti.

          Tahun 2009 adalah akhir masa Priode Presiden SBY dan JK, dimana pada saat beliau jadi Presiden dan Wakil Presiden Emank merasakan dan menikmati berbagai programnya.

          Tahun 2009 di adakan lagi Pemilu menetapkan 3 calon dimana nomor urut 1 Mega-Pro, Urut 2 SBY-Boediono dan Urut 3 JK-WIN. Dari tiga calon yang di tetapkan KPU tersebut akan di pilih lansung oleh rakyat. Hasil dari Pemilu 2009 KPU menetapkan Presiden dan wakil Presiden Terpilih adalah SBY-Boediono. SBY terpilih kembali menjadi Presiden di priode keduanya 2009-2014 dengan wakil Presiden yang berbeda.

          SBY pantaslah mengambil 2 Priode karena Presiden pertama dipilih lansung oleh rakyat dan memberikan pelayanan yang baik buat rakyat terutama di bidang pendidikan.

          Tanggal 20 Oktober 2009 pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih SBY-Boediono. Setelah pelantikan beliau melanjutkan berbagai program dan memberikan juga program baru untuk membangun bangsa Indonesia.

          Selama Emank sekolah di SMK Negeri 1 Sinjai Sangat bahagia merasakan dan melihat begitu banyak perubahan yang terjadi pada bangsa Indonesia. Alhamdulillah 3 tahun pendidikan tingkat atas Emank rasakan dan begitu banyak pengalaman dan teman yang Emank dapatkan.

          Tahun 2010 adalah tahun dimana Emank akan meninggalkan sekolahnya SMK Negeri 1 Sinjai untuk melanjutkan lagi sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

          Di tahun 2009 Bapak Presiden SBY bersama Menteri Pendidikan Muhammad Nuh merancang sebuah Program pendidikan gratis untuk anak kurang mampu, tapi berprestasi agar bisa melanjutkan Pendidikan ketingkat 3D dan S1(D4). Program tersebut di beri nama BIDIKMISI dengan Motto Menggapai Asa, Memutus Mata Rantai Kemiskinan.

          Semasih sekolah Emank, program tersebut di publikasikan ke seluruh penjuru tanah air Indonesia dan akan menerima Mahasiswa Bidikmisi Sebanyak 20.000 orang dari seluruh Indonesia. Pada saat itu kebetulan Emank masih sekolah Semester akhir, jadi Emank mendapatkan informasi program tersebut, maka dari itu Emank bersemangat mengurus semua berkas yang di butuhkan.

          Perguruan Tinggi Pilihan Emank pada saat itu adalah Politeknik Negeri Ujung Pandang di mana pada Tahun 2008 Emank melakukan PKL di sana atas utusan sekolahnya.

          Pengumuman Hasil seleksi Bidikmisi tahun 2010 membuat Emank senang dan bangga karena Emank di nyatakan lulus dan di terima di Politeknik Negeri Ujung Pandang. Mahasiswa yang lulus pada saat itu sebanyak 67 dari 172 mahasiswa pendaftar.

          Angkatan 2010 adalah angkatan Pertama Bidikmisi Indonesia yang menjadi langkah awal pemerintah memberikan perubahan bagi Mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

          Tahun 2010 Emank memasuki pengguruan tinggi Politeknik Negeri Ujung Pandang awal untuk menikmati bangku kuliah. Dengan adanya program Bidikmisi ini alhamdulillah membuat Emank bisa kuliah yang tadinya Emank berfikir "Bisakah Emank Kuliah", tapi Emank merasakan sekarang Bahwa Tuhan itu Maha Adil selalu ada jalan di bukakan ummatnya untuk berbuat.

          Selama perkuliahan di PNUP Emank merasakan begitu banyak perbedaan baik itu suku, ras, agama, maupun budaya yang membuat Emank perlu menyesuaikan dengan mereka. Berhadapan dengan dosen adalah hal yang awalnya menegangkan namun lama-kelamaan semakin asyik. Dorongan dosen-dosen di kampus membuat kita untuk berbuat kreatif.

          Alhamdulillah Selama di Politeknik Negeri Ujung Pandang begitu banyak organisasi Emank masuki seperti KMS PNUP di mana Emank pernah jadi Ketua Umum, HME PNUP sebagai Koordinator UKH Robot, Perintis KMBM PNUP dan menjabat sebagai Dewan Penasehat, RTIK Sinjai, DKC Sinjai dan masih banyak perkumpulan-perkumpulan lainnya.

          Kurang Lebih 4 Tahun lamanya Emank kuliah di Politeknik Negeri Ujung Pandang tak sepeser pun Emank bayar bahkan Emank yang di bayar 650.000/bulan. Inilah yang membuat Emank terus semangat kuliah meski selalu ada rintangan. Dari Program ini kalau Emank hitung-hitung selama kuliah, Emank menghabiskan uang Bidikmisi Kurang Lebih 48 juta termasuk semua biaya di perguruan tinggi, jika dibayangkan dimana Emank bisa dapatkan uang sebanyak itu.

          Alhamdulillah tanggal 28 Oktober 2014 hari Sumpah Pemuda Emank di nyatakan telah menyelesaikan Study di Politeknik Negeri Ujung Pandang melalui Program Bidikmisi.

          Tanggal 20 Oktober adalah tanggal dimana Presiden terpilih selanjutnya Jokowi-JK di lantik yang berarti Masa SBY-Boediono telah berakhir menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

          Selama 10 tahun Bapak Susilo Bambang Yudhoyono menjadi Presiden RI begitu banyak perubahan yang di berikan kepada seluruh rakyatnya termasuk Emank..

          Perkenalkan Nama lengkap Saya Abdul Rahman Masruhim selaku Penulis artikel Mahasiswa dari Politeknik Negeri Ujung Pandang salah satu penerima Program Beasiswa Bidikmisi. Dari semua yang saya dapatkan patut saya syukuri atas nikmat yang di berikan ini dan saya patut pula berterima kasih kepada Semua Pihak termasuk Pengelolah dari Politeknik Bapak Direktur PNUP, Bapak Dr. Pirman M.Si, Bapak Drs. Muslimin, Bunda Nasli, Ketua Jurusan Teknik Elektro dan Pihak Pengelolah.

          10 tahun lamanya Bapak SBY menjadi Presidan RI dan saya merasakan dan Melihat Program dari beliau. Saya selalu merasa dekat dengan beliau, selalu bersama dengan beliau selalu merasakan pujian beliau bagi saya dan puluhan ribu Mahasiswa Bidikmisi, tapi yang membuat saya sedih bercampur senang karena 10 Tahun Bersama SBY Sekejap Pun Tidak Pernah Ketemu.

          Saya selaku Mahasiswa Bidikmisi Indonesia dan Rakyat Bangsa Indonesia menyatakan bahwa Bapak SBY pantas Menjadi SBY Bapak Bidikmisi Indonesia.

          Saya Menwakili Mahasiswa Bidikmisi PNUP mengucapkan banyak terima Kasih dan semoga saya dapat bertemu dengan Bapak dimana mimpi saya dari dulu ingin ketemu sebelum selesai kuliah, tapi saya ngga bisa. Saya juga perlu mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Muhammad Nuh dan Seluruh Pimpinan dan Staf Dirjen Dikti.


Salam Perubahan

Abdul Rahman Masruhim S.ST


Sumber : http://abdulrahmanmasruhim.blogspot.co.id/2014/12/10-tahun-bersama-sby-sekejap-pun-tidak.html?m=1
Author Image

About ARMI NEWS
Inspiratif, Berkarya, Bermakna, Peduli

No comments:

Post a Comment